Rabu, November 18, 2009

Dinasti Dinosaurus : T-Rex Tertua Ditemukan di London

Sisa-sisa fosil telah ditemukan dan diidentifikasi sebagai T-Rex tertua, lebih dari 100 tahun setelah ditarik keluar dari reservoir Gloucestershire.

Tengkorang berukuran 11 inchi tersebut telah diidentifikasi sebagai nenek moyang dinosaurus yang pernah hidup 165 juta tahun yang lalu dikenal dengan dinosaurus yang menakutkan, yang disebut Proceratosaurus.



Tengkorak Fosil Tertua Proceratosaurus dikenal kerabat T-Rex, Yang Hidup 165 juta tahun yang lalu ( Gambar 1 )


Hal tersebut ditemukan dalam koleksi besar London’s Natural History Museum, dalam penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Zoological Society Linnean Tanggal 4 November 2009.

Proceratosaurus mungkin hanya memiliki panjang sekitar 9 kaki dan hidup 100 juta tahun yang lalu. Sedangkan panjang T-Rex adalah 40 kaki. Hal ini memberikan petunjuk penting kepada para ilmuan penting tentang tahap-tahap awal evolusi predator menakutkan ini.

Tim ilmuwan gabungan Inggris dan Jerman dengan menggunakan Computed Tomography (CT), suatu  teknik untuk menghasilkan sinar-X dan kemudian terciptalah gambar tengkorak 3D yang halus dan tetap. Ini berarti mereka dapat mempelajari struktur internal predator tersebut secara mendetail.

Hasil penelitian mereka menemukan bahwa gigi, rahang dan braincase semua sangat mirip dengan struktur yang ditemukan pada pemangsa raksasa.

“Itu cukup mengejutkan ketika analisis kami menunjukkan bahwa Proceratosaurus tersebut memiliki kerabat tertua, yaitu T-Rex,” kata pakar Museum Dinosaurus, Dr. Angela Milner.

“Kami peduli selama lebih dari sembilan juta fosil di Museum ini dan penemuan ini menekankan pentingnya koleksi museum saat ini dan masa depan dalam penelitian. Mengumpulkan fosil abad yang lalu sekarang ini untuk dapat dipelajari lagi dengan keuntungan lebih banyak akan pengetahuan tentang dinosaurus dari seluruh dunia.”

Beberapa tulang-tulang itu masih tertutup batu dan harus dibersihkan dengan hati-hati sebelum tengkorak bisa sepenuhnya diperiksa.

”Ini adalah tengkorak yang sangat rapuh,” kata pakar fosil Museum, Scott Lebih-Fay, sehingga untuk mengeluarkan batu, terutama dari sekitar gigi, itulah yang rumit dan menyita waktu serta tugas-tugas lain yang harus dilakukan di bawah mikroskop.

Tengkorak itu ditemukan selama penggalian untuk reservoir dekat Minchinhampton di Gloucestershire pada Tahun 1910, mulanya hal itu digambarkan sebagai spesies baru Megalosaurus.

T-Rex tumbuh Dengan Panjang 40 kaki, Sementara itu nenek moyangnya tumbuh 9 kaki ( Gambar 2 )

Fosil itu telah diserahkan  kepada Natural History Museum pada tahun 1922 oleh FL Bradley, namun hubungan ke keluarga dinosaurus yang paling terkenal dari semua jenis yang ada tetap belum ditemukan sampai sekarang.

Tyrannosaurus Rex hidup sekitar 67 – 65 juta tahun lalu di akhir zaman dinosaurus pada periode Cretaceous, dan merupakan anggota dari kelompok yang lebih besar, yang disebut Tyrannosauroidea.

Dr. Oliver Rauhut dari Bavarian State Collection untuk Paleontology and Geology di Munich berkata: “Ini masih salah satu tengkorak dinosaurus yang terawat dengan baik yang ditemukan di Eropa. Hal ini benar-benar mengejutkan bahwa setelah menerima begitu sedikit perhatian sejak awal deskripsi.”

Dan, ada banyak kemungkinan untuk menemukan dan mengidentifikasi spesies dengan menggunakan teknik-teknik baru seperti Pemodelan dengan CT, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Rauhut : “Saya yakin bahwa masih banyak Tyrannosaurus masih di luar sana untuk ditemukan. Saya pikir, sejauh ini kami baru saja menggaruk ujung gunung es.”











Tidak ada komentar:

Posting Komentar