Rabu, November 18, 2009

Kelapa Bertunas Dua

  
Aneh, Unik Akan Tetapi Sungguh Nyata

Cerita tentang kelapa bercabang dua, tiga atau bahkan mungkin lebih banyak dari itu mungkin bukan cerita baru lagi, coba saja anda browsing dengan Google.com dengan mengetikkan kata kunci "kelapa bercabang", pasti anda akan mendapatkan sesuatu yang aneh, unik dan tentu saja itu kenyataan.

Begitu juga dengan cerita buah kelapa bertunas dua, juga bukan merupakan cerita yang baru. Namun semua itu jadi sangat berbeda jika dialami oleh diri kita sendri. Tentu saja hal inilah yang sekarang ini saya alami, yaitu melihat dengan mata kepala saya sendiri buah kelapa bertunas dua. Tidak cuma melihat, akan tetapi tangan saya ini juga menyentuhnya.

Sampai hari ini saya masih aktif menyirami buah kelapa bertunas dua tersebut yang diletakkan dalam media penampungan berbentuk pot.

Berikut dibawah ini kelapa bertunas dua yang saya abadikan dengan kamera ponsel saya.

Foto Pertama :



Foto diatas merupakan Buah Kelapa Bertunas Dua yang baru beberapa saat dibawa pulang kerumah oleh ayah saya. Indah, sekaligus aneh dan unik

Saat saya menjelajah di internetpun, saya mendapatkan banyak gambar-gambar tentang kelapa bercabang banyak, juga kelapa bertunas dua!

Hal tersebut sangat langka sekali mengingat kelapa hanyalah sebentuk batang yang normalnya tanpa cabang, dan buahnya pun normalnya memiliki satu tunas. Jadi saya memutuskan untuk memposting buah kelapa bertunas dua tersebut, dengan didasarkan oleh pemandangan pribadi saya sendiri.

Foto Kedua :


 Sedangkan Foto ini merupakan Kelapa Bertunas Dua Yang Telah Dimasukkan Kedalam Media Berbentuk Pot, Jadi Seolah-olah ditanam dalam pot


 Sebenarnya kelapa bertunas dua tersebut sudah "menghuni" halaman belakang rumah saya semenjak diketemukan oleh ayah saya hari Rabu, 4 November 2009, namun barulah hari ini saya bisa mempostingnya. Dan untuk pertamakalinya dalam hidup, saya melihat dengan mata kepala sendiri buah kelapa bertunas dua. Langka, Unik dan Aneh.. Namun begitulah berbicaranya kernyataan.

Buah kelapa bertunas  dua tersebut deiperoleh oleh ayah saya saat mencari buah kelapa di satu daerah bernama Damar, yang masih masuk dalam Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Beliau mendapatkannya pada sore harinya.

Kenapa kelapa bisa bertunas lebih dari satu? Saya penasaran dan berusah mencari jawabannya di internet – Namun hingga sampai detik inipun tak satupun artikel yang berisi penelitian tentang peneyebab buah kelapa bertunas lebih dari satu – tidak saya ketemukan! Mungkin juga ini merupakan saya kurang giat mencarinya!

Mungkin kesannya alami, akan tetapi sepengetahuan kita semua, yang namanya tunas kelapa itu dibelahan dunia manapun selalu tumbuh satu, bukan? Yang mengidentifikasikan bahwa nantinya pada saat menjadi pohon telah ditakdir untuk tumbuh tanpa cabang! Mungkin.

Sebenarnya saya masih menyimpan beberapa jepretan foto Buah Kelapa Bertunas Dua tersebut dari berbagai sudut jepretaan, namun cukup beberapa yang diatas  itu saja yang saya postingkan.

Sebagai tambahan, sampai saat ini saya masih belum menemukan mengapa buah kelapa bisa bertunas dua, tiga atau lebih banyak. Mungkinkah itu merupakan keisengan genetika saja? Entahlah, Saya tidak tahu pasti!

Akan tetapi jika anda pernah membaca atau mengetahui penyebabnya, mohon kiranya untuk memberitahukan kepada saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar